7 Langkah Mendapatkan Follower di Instagram

Sebagai media pengunggah foto yang paling banyak digunakan saat ini, banyak pengguna awam yang memiliki pertanyaan yang sama :

“Bagaimana cara mendapatkan banyak follower di Instagram?”

Telah banyak mereka yang sudah memiliki follower dengan jumlah membludak hingga ratusan ribu dalam akun Instagramnya. Belajar dari mereka yang sudah memilikinya, berikut 7 langkah agar mendapat banyak follower di Instagram :

1. Sebarkan pengumuman.
Mengumumkan kehadiran Anda di Instagram menggunakan saluran yang kita miliki saat ini adalah awal yang baik. Untuk itu publikasikan akun kita di : tanda tangan (signature) pada email, newsletter, Facebook, ataupun Twitter.
Jelaskan pada mereka akan Instagram, karena bisa jadi banyak yang baru dengar aplikasi ini.

2. Konten.
Dia adalah segalanya, begitu pula di Instagram. Upayakan untuk terus menerus mengkinikan foto dengan konsisten. Bisa pula minta bantuan teman yang sudah terbiasa bermain di social media untuk lebih menyebarkan foto-foto yang kita miliki agar bisa disebar ke lebih banyak orang. Jangan asal unggah hanya karena sudah lama kita tak menggunakannya. Jangan anggap Instagram hanya sebagai saluran untuk menyimpan foto yang berlebih.

3. Merencanakan konten.
Banyak yang memulai dengan mengunggah sebanyak mungkin foto ke akun Instagramnya. Begitu juga dengan tanpa pemilahan foto, asal unggah dan memberi hastag. Banyak yang menyarankan, untuk cukup mengunggahnya 3-4 foto sehari. Dan jangan mengunggahnya dalam waktu yang bersamaan / sekaligus. Karena mungkin dengannya justru akan memenuhi timeline follower kita dan berujung pada diputusnya hubungan pertemanan, alias di unfollow :D

4. Gunakan Hastag yang relevan.
Cari hastag yang sesuai dengan tema yang kita miliki. Misalnya #iphonesia untuk pengguna iphone, #fashion, #design atau yang lainnya. Dan layaknya social media lain, keterkaitan antara konten dan juga interaksi sangat diperlukan pula disini. Memberitahukan bahwa kita eksis dan nyata akan sangat membantu keterikatan hubungan dengan follower dan calon follower.

5. Jalankan kontes.
Ini juga banyak dilakukan oleh pemilik brand. Ini adalah contoh keterlibatan lebih lanjut. Seperti juga hubungan yang lebih panjang yang ada di Twitter dan Facebook, maka pemilihan pemenang juga mesti mendapat pertimbangkan ekstra. Pakai juga hastag yang belum terpakai, agar mudah memonitor kiriman dari pengikut kontes.

6. Berteman dengan influencer instagram.
Kini sudah banyak blogger yang menjalin hubungan dengan brand untuk keperluan promosi, mengendorse atau juga menggunakan produk. Ini berarti kita juga bisa menggunakan jasa mereka untuk lebih memperkenalkan kontes yang kita miliki agar diketahui follower mereka. Bisa pula menyewa mereka untuk meliput, mengambil foto-foto di acara kita dan ajak mereka jadi tamu dalam akun instagram yang kita kelola. Ini juga baik untuk membuat brand yang sedang kita kelola juga mendapat trend dari mereka yang berkecimpung langsung di dalamnya.

7. Gunakan layanan dari pihak ketiga.
Antarmuka Instagram sangat tepat untuk berbagi foto tetapi tidak ideal untuk mencoba menumbuhkan akun. Ada berbagai situs web yang dapat digunakan untuk mengelola akun, melacak nomor, jumlah like, kiriman komentar, ajakan follow, dll. Beberapa contoh yang patut dicoba adalah Statigram dan Followgram , yang melakukan segala sesuatu yang dapat Anda lakukan pada Instagam kecuali posting foto, atau juga Instagrid, cara terbaik untuk melihat galeri hashtag.

Secara keseluruhan, jika Anda bekerja untuk sebuah merek yang peduli nilai dalam Instagram, bukan berarti bisa menutup aplikasi setelah Anda memposting foto. Komunitas Instagram sangat tertarik dengan fotografi dan jaringan sosial. Hal ini adalah kepentingan terbaik kita untuk berinteraksi dengan pengikut dan terlibat dengan mereka seperti yang dilakukan pada situs populer lainnya.

Bahan : Sumber mention dari

[blackbirdpie url="http://twitter.com/likeablemedia/status/218004588941418496"]
Boleh dong gan, follow juga nih Instagram ane di @edittag. Thx :D

Hery Prasetyo

Blogger, penulis buku, penikmat social media, juga penyuka fotografi. Lebih senang ketemu tempat yang luas lagi sepi. Sekarang lagi demen baca buku agama.

You may also like...

12 Responses

  1. Tyo Boys says:

    follow my instagram R Hariady Satyo

  2. Devia Berliana Putri says:

    Follow ig saya ya http://instagram.com/deviaberliana_

  3. Follow Instagram : @japanese_world