Life Style Tips

Ingin Kreatif, Jangan Pergi ke Tempat Sepi


Selama ini kita sering menggangap tempat yang tenang sebagai tempat yang ideal untuk memompa ide-ide kreatif. Namun, sepertinya kita harus coba dengan tempat yang berbeda. Karena berdasarkan sebuah studi belum lama ini, tempat sepi malah justru sulit untuk mengambangkan sebuah ide.

Seorang peneliti bernama Ravi Mehta memimpin eksperimen yang melibatkan tempat dan beberapa tingkat kebisingan untuk melihat sejauh mana pengaruhnya terhadap kognisi kreatif. Mudahnya, dia mengajak beberapa orang untuk berdiskusi secara aktif dengan tingkat kebisingan yang berbeda.

Dibandingkan dengan suasana sepi (50 desibel), ruangan dengan kebisingan yang cukup (70 desibel) mampu meningkatkan kemampuan tugas-tugas yang terkait kreatifitas. Sementara tingkat kebisingan yang lebih tinggi (85 desibel ke atas) malah merusaknya. Tingkat kebisingan 70 desibel itu bisa kita temui saat mendengar suara penyedot debu, musik di kamar tamu. Dengan latar suara yang terlalu sepi, menurut para penguji, justru bisa mengganggu memunculkan ide kreatif.

Jadi kesimpulannya mereka, bila dalam keadaan yang membutuhkan kita berpikir kreatif yang ekstra, hindari tempat yang sunyi seperti perpustakaan. Tujulah tempat yang lebih ramai dan cukup ramai seperti kafe atau kedai kopi. Karena disana, suara yang aktif seperti itu bisa memicu otak untuk berpikir secara abstrak hingga muncul gagasan kreatif.

Sumber : Journal of Consumer Research.

[blackbirdpie url=”https://twitter.com/arifelmuhtadin/status/214043624671944705″]

About the author

ngetag

Blogger, penulis buku, penikmat social media, juga penyuka fotografi. Lebih senang ketemu tempat yang luas lagi sepi. Sekarang lagi demen baca buku agama.