Smartphone

Beriklan di Foursquare dengan Promoted Updates

Bolehlah senang dengan kabar ini. Terutama untuk pebisnis. Seminggu setelah fitur ‘Local Updates’ diperkenalkan, foursquare menambahkan dengan bumbu lebih istimewa. Istimewanya, pengguna Foursquare bisa dengan gampang mendapatkan promosi dengan hal yang lebih mudah masuk dalam pandangannya. Lewat promosi yang dibuat serelevan mungkin dengan pola check-in serta rujukan teman sesama pengguna fourquare. Mirip Adword milik Google.

Berbeda dengan Local Updates yang ditawarkan sebelumnya, di Foursquare lebih menyasar ke pebisnis. Mereka bisa menyelipkan bagian promosi menjadi lebih menarik dari sekedar hasil pencarian umumnya. Promosinya akan dimunculkan di bagian Explore. Bagian yang relatif sering terlihat saat penggunanya terbiasa check-in.

Local Updates, yang muncul di layar kegiatan teman, adalah bagian dimana pebisnis bisa mendapatkan promosinya secara gratis. Update ini hanya muncul jika pengguna check in beberapa kali atau jika teman mereka juga check-in di tempat bisnis.

Ini adalah jawaban Foursquare atas keinginana pebisnis agar lebih mudah berinteraksi dengan pengguna layanannya. Beberapa kali pebisnis memang meminta pihak perusahaan agar bisa menghadirkan ‘pintu’ agar mudah terdeteksi pemakai aplikasi Foursquare yang hingga kini sudha mencapai 20 juta.

Foursquare dengan kemampuannya memang menjadi jawara sebagai aplikasi berbasis lokasi dengan jumlah yang terbesar. Sementara pesaingnya seperti Groupon, Square, LevelUp, Belly dan lainnya sedang membangun aplikasi berbasis loyalti, jelas keunggulan Foursquare bakal menjadi tantangan yang sulit dipinggirkan.

Foursquare akan mempertimbangkan data check-in kita, jumlah like yang kita beri, juga tips yang pernah ditinggalkan sebagai bahan rekomendasi akan iklan yang akan ditampilkan. Dengan sejuta lebih merchant yang sudah aktif di Foursquare, tak berselang iklan akan semakin mudah tercipta dengan menyediakan fitur cepat membuat iklan dengan dukungan data yang sedang dijalankan saat ini.

Saat ini iklan yang ditampilkan bersifat pay-per-action. Perusahan bisa menentukan aksi seperti apa yang akan dibayarkan sebagai hitungan iklan. Misalnya membuka badge khusus, atau check in di lokasi yang ditentukan. Perusahaan Old Navy misalnya tawarkan potongan $15 untuk pembelian sejumlah $75. Dan restauran Italia di New York tawarkan omelete khusus yang ornag lain tak akan dapatkan untuk pengguna foursquare.

Dengan 5 juta penggunanya yang check in setiap harinya, jelas akan jadi bagian promosi yang menarik untuk dicoba.

Mention dari :

About the author

ngetag

Blogger, penulis buku, penikmat social media, juga penyuka fotografi. Lebih senang ketemu tempat yang luas lagi sepi. Sekarang lagi demen baca buku agama.