Life Style Smartphone

iPad Bisa Menyebabkan Insomnia

Written by ngetag

Jika kau kesulitan tidur di saat malam tiba, mungkin penyebabnya ada di sebelahmu, iPad.

Peneliti dari Lighting Research Centre, di Institut Politeknik Rensselaer New York, mengklaim bahwa cahaya biru yang berasal dair layar iPad dapat menghasilkan cahaya layaknya siang hari, yang sanggup meyakinkan otak bahwa saat itu masih siang hari.

Hasil penelitian yang diterbitkan di Applied Ergonomics menyebut, cahaya biru ini menghentikan produksi melatonin, sejenis senyawa kimia, yang berguna membantu kita untuk tertidur.

Bagaimanapun, cahaya yang lebih berwarna merah atau jingga tidak mengurangi produksi melatonin, karena otak manusia masih mengenali warna tersebut sebagai senja dan “mengira” hari sudah berakhir, lanjut Telegraph.co.uk.

Peneliti menambahkan: “Meski menonaktifkan perangkat ini di malam hari bisa jadi solusi ampuh, sangat direkomendasikan jika perangkat ini digunakan di malam hari, cahaya layarnya dikurangi sebisa mungkin dan mengurangi durasi menggunakan alat ini.”

Peneliti mengukur kadar melatonin pada 13 sukarelawan, setelah mereka menghabiskan waktu dengan iPad dengan kondisi terang optimal (full brightness) dalam jarak 10 inci, selama dua jam.

Kadar melatonin turun lebih banyak setelah mereka menikmati paparan iPad sembari mengenakan kacamata jingga, yang mana bisa mengurangi cahaya biru masuk.

Mention dari :

About the author

ngetag

Blogger, penulis buku, penikmat social media, juga penyuka fotografi. Lebih senang ketemu tempat yang luas lagi sepi. Sekarang lagi demen baca buku agama.