Film

Aach Aku Jatuh Cinta, Ketika Kisah Garin Nugroho Difilmkan

Written by ngetag

Sineas Garin Nugroho rela kisah hidupnya, paling tidak sebagian, ditayangkan secara visul dalam sebuah film. Film yang diberi judul agak aneh, yakni ‘Aach Aku Jatuh Cinta (AAJC)’ ini memang diakui sang sineas agak kacau filmnya, mesk puitis. Film teranyar produksi Multivision Plus (MVP) ini mengangkat kehidupan Garin Nugroho sejak masa kecil hingga dewasa.

Pevita Pearce - AAJCi

“Film ini sangat kacau tapi sangat puitis. Banyak sekali pengalaman masa kecil hingga dewasa, menyenangkan bisa menceritakan masalah pribadi di film ini. Cuma nggak tumpah semua lah, ya mungkin 60 persen,” sebut Garin dalam jumpa pers di kantor MVP kemarin (6/10).

Garin juga bercerita jika film yang akan dirilis 5 November 2015 ini merupakan tontonan berisi romantisme.

Pevita Pearce - AAJCi

“Ini pasti memberikan tontonan yang menyenangkan. Banyak romantisme lebay-lebay. Kekacauan saya di-deliver langsung ke pemain,” lanjutnya.

“Setelah 30 tahun berkarya ya kita harus muda kembali. Setelah ‘Guru Bangsa: Tjokroaminoto’ yang sangat serius, saatnya saya kembali ke drama komedi romantis seperti ‘Cinta Sepotong Roti’ tahun 1991. Saya juga mengangkat fakta bahwa cinta itu perubahan sesuai zaman dan perkembangan ekonomi,” ucap Garin.

Film tersebut juga dihiasi dengan seting jadul sekitar tahun 60-90’an.

“Gayanya sangat retro. Ada gaya-gaya lama film-film 60-90-an yang memang saya bawa ulang. Saya lihat juga, tren romantisme 70-an kembali menguat dalam sinema dunia. Film ini adalah tanggapan atas tren itu,” tandasnya.

Pevita Pearce - AAJCi

“Dulu saya pernah membuat film Cinta Dalam Sepotong Roti yang temanya ringan tapi dapat sambutan luar biasa karena dianggap baru. Kali ini pun saya kembali ingin mengangkat tema ringan tapi diharapkan penonton, lucu, romantis, kacau, semuanya,” ujar Garin dalam konferensi pers AAJC, Selasa (6/10) di Jakarta.

Beberapa adegan humor dalam film ini dikatakan oleh Garin diangkat dari pengalaman pribadinya saat masa kanak-kanak. Ia pun memastikan semua orang pasti akan menyukai AAJC.

“Pokoknya semua yang diharapkan oleh penonton, mulai dari adegan lucu, kacau, romantis, lebay, terus soundtrack bagus semuanya ada di film ini,” kata Garin menambahkan.

AAJC tayang perdana dalam Busan Internasional Film Festival 2015. Dalam festival itu, film ini akan diputar sebanyak tiga kali, yaitu pada 5, 8, dan 9 Oktober.

Tag : republika.com, detik.com

About the author

ngetag

Blogger, penulis buku, penikmat social media, juga penyuka fotografi. Lebih senang ketemu tempat yang luas lagi sepi. Sekarang lagi demen baca buku agama.